SEKILAS INFO
: - Minggu, 17-10-2021
  • 1 tahun yang lalu / Ini adalah artikel sekilas info Warta NU Bagor Nganjuk, Pantau terus untuk info selengkapnya
  • 1 tahun yang lalu / Temukan Informasi mengenai NU Bagor Disini
  • 1 tahun yang lalu / Selamat datang di Website WARTA NU BAGOR NGANJUK
MENCARI LAILATUL QODR DENGAN DZIKIR, FIKIR, DAN AMAL SHOLIH

Oleh: Budi Harianto,M.Fil.I.

 (Dosen IAIN Tulungagung/ Penasehat ISNU Kec.Bagor)

Bulan Ramadlan adalah Bulan Pergerakan. Pergerakan dari amal baik menuju amal yang lebih baik. Pergerakan dari kesholihan individu menuju kesholihan sosial. Dari Kesholihan Sosial Menuju Kesholihan Publik. Setiap tahun Ramadhan menyapa kita. Lalu adakah pergerakan peningkatan kualitas keimanan dan ketakwaan dalam diri kita? Sesungguhnya bulan Ramadhan adalah bulan pergerakan  untuk menggapai rahmat dengan cara mewujudkan kesholihan individu, sosial, dan publik.

Ramadlan adalah bulan yang sangat istimewa , yang mana dalam bulan tersebut terdapat malam yang sangat istimewa yaitu Lailatul Qodr. Lailatul qodr merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam yang merupakan berkah bagi umat Nabi Muhammad SAW. Jangka waktu kehidupan umat Nabi Muhammad SAW yang begitu singkat tidak seperti umat Nabi sebelumnya, sehingga dalam “perlombaan” ibadah secara otomatis akan kalah dengan umat-umat Nabi sebelumnya. Maka atas rahmat Allah SWT kita diberikan satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan, sehingga kalau kita beribadah bertepatan dengan malam tersebut betapa banyak berkah dan pahala yang didapat, bahkan akan bisa bersaing dengan umat Nabi-Nabi terdahulu.

Lailatul Qodr adalah sesuatu yang ghaib, kedatanganya sulit diprediksi. Kita hanya bisa mengetahui indikator- indikatornya, berdasarkan Firman Allah SWT, Hadis Nabi, atau pendapat para Ulama’. Pendapat yang masyhur adalah malam ganjil sepuluh terakhir di bulan Ramadlan. Ada pendapat yang mengatakan di malam 27 dari bulan Ramadlan. Namun, pada hakikatnya malam Lailatul Qodr pasti datang di bulan Ramadlan mulai awal malam Ramadlan sampai malam akhir Ramadlan, entah di malam keberapa Lailatul Qodr datang, itu adalah rahasia Allah SWT. Kita sebagai hamba hanya mempersiapkan dalam menjemputnya dengan selalu memperbanyak ibadah.

Ibadah atau amalan yang bisa dirutinkan adalah Dzikir, Fikir, dan Amal Sholih . Dzikir adalah cara kita dalam mengingat Allah SWT. Sholat hakikatnya juga dzikir namun dzikir belum tentu sholat, karena sholat terdapat syarat dan rukun tertentu. Sholat bisa disebut dzikir yang agung. Dzkir banyak macam cara dan modelnya, bisa secara mandiri dengan lisan  dan hati kita, mungkin bisa dilakukan dengan cara berjama’ah ,bahkan bisa dilakukan berjama’ah secara virtual seperti sekarang ini dikarenakan musim pandemi. Dzikir adalah ibadah yang ringan, namun bernilai sangat besar. Hal ini karena dzikir merupakan ibadah yang bisa dilakukan setiap saat,detik, bahkan idelanya kita selalu berdzikir meskipun kita dalam beraktivitas lainnya.

Fikir juga merupakan salah satu ibadah yang bisa menjadi sarana dalam menjemput Lailatul Qodr. Fikir merupakan substansi dari ajaran agama Islam itu sendiri. Islam selalu mengajarkan umatnya untuk selalu melakukan olah fikir untuk menjaga akal sehat. Beragama harus didampingi dengan akal sehat, sehingga tidak salah dalam memahami agama. Fikir membuat bertambah iman kita karena  dengan memikirkan sifat-sifat Allah SWT keyakinan kita semakin kuat. Dengan memikirkan tentang alam dan sains kita bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat  bagi manusia lainnya dan ini merupakan ladang amal kita.

Selanjutnya amal sholih, amal sholih ini  tidah hanya amal sholih secara individu, tetapi juga amal sholih secara sosial, bahkan secara publik. Sehinggal amal sholih tersebut benar-benar merepresentasikankan esensi dari ajaran Islam dalam relasi hubungan manusia dengan Tuhan ( hablumminallah), relasi manusia dengan manusia (hablumminannas), dan relasi manusia dengan alam sekitar atau makhluk lain (hablumminalalam). Al Quran  dalam perintah melaksanakan ibadah semisal sholat, zakat biasanya dibersamai dengan amalan sholihat (amal sholih) serta menggunakan huruf wawu yang berupa atof berarti hal ini kedudukannya sama dengan perintah-perintah sebelumnya.

Amal Sholih yang urgen dalam musim pandemi ini adalah shodaqoh. Bagi yang memiliki kemampuan lebih untuk berderma mari kita sedekahkan rejeki yang dititipkan Allah kepada kita untuk orang yang membutuhkan.. Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan dalam menjemput Lailatul Qodr adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah. Dan bulan Ramadhan, amalan ini menjadi lebih dianjurkan lagi. Dan demikianlah sepatutnya akhlak seorang muslim, yaitu dermawan. Allah dan Rasul-Nya memerintahkan bahkan memberi contoh kepada kita untuk menjadi orang yang dermawan serta pemurah.

Pada akhirnya kita berdoa kepada Allah SWT  semoga wabah Covid 19 ini segera hilang dan tidak kembali lagi ke dunia ini. Ibadah Ramadlan kita pada musim Covid 19 ini semoga juga dilancarkan prosesnya oleh Allah SWT dan tetap memberi keberkahan serta kita bisa menemui Lailatul Qodr pada saat kita beribadah kepada Allah SWT.  Selanjutnya mari kita semua menjemput Lailatul Qodr dengan memperbanyak beribadah kepada Allah SWT diantaranya dengan Dzikir, Fikir, dan Amal Sholih. Sehingga waktu kita tidak habis hanya berdebat kapan Lailatul Qodr datang, akan tetapi kita sudah siap bertemu denganya semenjak malam awal Ramadlan sampai akhir Ramadlan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Data ORGANISANI

WARTA NU BAGOR NGANJUK



JL. Tamanan
KEC. Bagor
KAB. Nganjuk
PROV. Jawa Timur
KODE POS 64461
TELEPON 085238439337
FAX -
EMAIL wartanubagornganjuk@gmail.com

Maps Organisasi